Bantuan Langsung Tunai Minyak Goreng Rp 300.000 di Bulan Ramadhan

Pemerintah hendak menyalurkan bantuan langsung tunai( BLT) minyak goreng pada 20, 5 juta keluarga penerima manfaat mulai 4- 21 April 2022 kelak.

 

Sekretaris Jenderal Departemen Sosial( Kemensos) Harry Hikmat memaparkan, guna mencairkan BLT minyak goreng senilai Rp 300. 000 itu, deretan Kemensos telah mengadakan rapat dengan Kementerian Keuangan.

 

Pencairan bantuan itu akan dilakukan berbarengan dengan program reguler Kemensos, yakni Bantuan Pangan Non Tunai( BPNT) serta Program Keluarga Harapan( PKH).

 

” Totalnya kan 20, 5 juta. Nah dari 20, 5 juta ini terdiri dari 18, 8 juta yang menerima sembako BPNT, serta terdapat 1, 85 juta yang menerima PKH namun tidak menerima sembako,” kata Harry di kantor Kemensos, Jakarta, Selasa( 5/ 4/ 2022).

 

Beliau juga memaparkan, keseluruhan angka bantuan itu sesungguhnya merupakan akumulasi dari angka bantuan Rp 100. 000 per bulan untuk April, Mei, serta Juni.

 

Dalam penyalurannya Kemensos sudah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

 

” Yang dicairkan Rp 300. 000 itu perhitungannya kan Rp 100. 000 per bulan. April, mei, serta Juni. Tetapi kebijakannya ditarik ke April,” ucap Harry.

 

Di bagian lain, Harry juga meningkatkan, distribusi BLT minyak goreng buat 2, 5 juta pedagang kaki 5( PKL) tidak akan lewat Kemensos.

 

Beliau berkata, distribusi BLT minyak goreng buat PKL akan ditangani Tentara Nasional Indonesia(TNI) atau Polri.

 

” Itu nanti melalui Tentara Nasional Indonesia(TNI) Polri, semacam yang telah terjadi waktu sebelumnya, disaat penyembuhan dampak endemi. Mereka memiliki informasinya, sebab itu menyeleksi PKL, orang dagang, serta nelayan,” nyata Harry.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.