Ketentuan serta Cara Mendapatka STB Televisi Digital Gratis dari Kominfo

Pemerintah lewat Departemen Komunikasi serta Informatika( Kominfo) mempunyai program bantuan Set Top Box( STB) Televisi Digital gratis.

Penjatahan STB Televisi Digital free ini berhubungan dengan penghentian siaran analog ataupun analog switch- off( ASO) di semua area Indonesia yang hendak dicoba dengan cara berangsur- angsur di tahun 2022 ini.

Sementara itu buat pembagian STB gratis, hendak dilakukan dalam 3 langkah. Program pemberian STB gratis pada langkah awal ini hendak berjalan hingga 30 April 2022.

” Penjatahan STB dipecah dalam 3 jenjang ASO, yang awal saat sebelum 30 April, 25 Agustus, serta 2 November 2022,” ucap Ketua Pengembangan Pitalebar Kominfo, Marvels Situmorang, dikala dihubungi Kompas. com, Selasa( 15/ 3/ 2022).

Diketahui, STB yang dibagikan sejumlah 3. 202. 470 unit buat seluruh Indonesia oleh badan pemancaran swasta. Dengan cara keseluruhan, selama tahapan penghentian pancaran analog( ASO) hendak dibagikan 6, 7 juta bagian STB.

Tetapi, buat memperoleh bantuan STB gratis dari pemerintah, ada syarat serta ketentuan yang wajib dipenuhi terlebih dulu. Apa itu?

 

Ketentuan mendapat STB gratis

Selanjutnya syarat serta ketentuan buat memperoleh STB Televisi Digital gratis dari pemerintah, ialah:

  1. Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial( DTKS) Departemen Sosial.
  2. Mempunyai perangkat TV analog.
  3. Mempunyai KTP elektronik.
  4. Bermukim di area yang terdampak penghentian pancaran Televisi analog( ASO) fase 1.

Mekanisme pembagian STB Televisi digital gratis

Bila Kamu telah penuhi persyaratan di atas, program bantuan STV Televisi Digital gratis hendak diserahkan lewat alur selanjutnya ini:

Calon penerima bantuan akan mendapat undangan dari kelurahan atau dusun setempat.

Undangan ini berperan selaku karcis untuk bisa mengambil STB gratis.

Ambil STB gratis di Kantor Pos terdekat.

Cara daftar DTKS untuk bisa STB gratis

Sebagian mungkin bingung gimana caranya mendaftarkan DTKS untuk jadi penerima bantuan STB gratis. Karena, mereka yang bisa menerima bantuan STB gratis dari Kominfo, wajib telah terlebih dulu masuk dalam catatan DTKS Kemensos.

Selanjutnya ini merupakan metode daftar DTKS untuk dapat STB Televisi Digital gratis:

  • Wajib masuk dalam DTKS Kemensos, minimun dalam satu keluarga itu mempunyai satu bagian Televisi analog. Untuk yang berkeinginan memperoleh STB gratis, dapat mempersiapkan No Induk Kependudukan ataupun NIK e- KTP serta Kartu Keluarga( KK).
  • Mendaftar bansos dengan cara online dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu di aplikasi PlayStore.
  • Pada aplikasi Cek Bansos, Kamu bisa memilih menu daftar usulan.
  • Pada menu usulan, Kamu bisa mendaftarkan diri untuk nama yang telah tertera di DTKS Kemensos. Pada menu catatan usulan, klik” Tambah Usulan”.
  • Jalani pengecekan dengan NIK KTP serta KK Kamu, sistem akan memvalidasi dan mencocokkan informasi Kamu apakah telah cocok ataupun belum.
  • Bila telah tervalidasi, Kamu bisa memilah tipe bansos yang hendak diajukan.
  • Pilih pemberian perlengkapan STB gratis.

Penyaluran STB Televisi digital gratis ke masyarakat

untuk pendistribusian STB gratis ke warga, pemerintah bekerja sama dengan pihak ketiga yang bertanggung jawab dengan cara kontraktual dalam proses sekaligus pengesahan.

Dikala petugas mendistribusikan STB, petugas akan melaksanakan verifikasi serta validasi data penerima bantuan berdasarkan KTP, KK serta kepemilikan Televisi. Bila informasi tidak cocok, maka STB akan dikembalikan ke gudang.

Langkah berikutnya merupakan serah terima STB sekalian memasang perangkat hingga berfungsi dengan bagus. Dikala STB terinstal, akan timbul kode batang( QR code) pada layar tv.

Petugas kemudian memindai QR code itu lewat aplikasi WhatsApp serta menginput nama, NIK ataupun KK, domisili, dan memotret penerima bantuan serta KTP. Seperti diketahui, tahap awal penjatahan STB ini untuk 56 area pancaran di 166 kabupaten atau kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published.