sharing
sharing

Cara Sharing Printer dengan Jaringan LAN dan Wi-Fi

Sharing printer adalah salah satu cara praktis agar semua komputer dapat tersambung dengan satu device printer. Hal ini memungkinkan seseorang untuk mencetak dokumen dari printer yang tidak terhubung langsung ke komputer.

Sebuah perangkat printer yang akan di share biasanya menggunakan jaringan LAN atau bisa juga menggunakan Wi-Fi. Hal ini memungkinkan seseorang untuk mencetak dokumen dari printer yang tidak terhubung langsung ke komputer. Untuk dapat melakukan Sharing printer ini diperlukan adanya koneksi Wi-Fi yang nantinya berfungsi untuk menghubungkan antar komputer di ruangan tersebut.

Apa Itu Sharing Printer?

Singkatnya, Sharing printer adalah pengaturan di mana sebuah printer dapat digunakan secara bersama-sama oleh beberapa komputer yang terdapat pada satu jaringan LAN atau Wi-Fi.

Sharing printer kini sudah banyak diaplikasikan dalam berbagai institusi seperti sekolah, bank, kantor hingga ke rental-rental komputer atau warnet.

Sharing printer memang memiliki banyak manfaat, salah satunya saja seperti menghemat printer yang digunakan dan menghemat ruang.

Manfaat Sharing Printer

Sharing printer tentunya memiliki beberapa manfaat, beberapa diantaranya antara lain:

  1. Dengan menggunakan Sharing printer, pengguna akan cenderung menghemat waktu yang digunakan untuk melakukan pencetakan.

Selain itu, pengguna yang melakukan Sharing printer juga akan menghemat tenaga dan juga biaya yang dikeluarkan

  1. Sharing printer memungkinkan seseorang untuk melakukan print dokumen dengan hanya menggunakan satu mesin printer saja.

Jadi, kamu dapat menggunakan satu printer untuk banyak pengguna yang masih berada dalam satu jaringan.

  1. Printer share juga berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya yang masih berada dalam satu jaringan.

Hal ini membuat satu sama lain pengguna komputer dapat bertukar data dengan perantara ini.

Bagaimana Cara Sharing Printer dengan Jaringan LAN dan Wi-Fi?

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan Sharing printer dengan menggunakan jaringan LAN dan Wi-Fi:

  1. Hidupkan Komputer, Printer dan Kabel LAN

Silakan siapkan perangkat komputer beserta printer yang sudah terhubung. Pastikan device printernya sudah ter-install dan berfungsi di komputer.

Untuk memastikan hal ini, kamu bisa coba dengan cara mencetak dokumen menggunakan printer itu.

  1. Buka Windows Setting

silakan akses Windows Setting melalui menu start. Atau kalau tidak ada menu windows setting, bisa melalui menu control panel.

  1. Pilih Menu Network & Internet

Pada menu windows setting silakan pilih menu “Network & Internet” untuk mengatur settingan Sharing printer.

Ada beberapa menu di sini, namun kamu hanya akan berfokus pada menu “Network & Sharing Center.”

Silakan klik menu tersebut, kemudian klik “Change advance Sharing settings.”

  1. Centrang Turn On File & Printer Sharing

Selanjutnya, akan ada jendela baru yang perlu disetting. Silakan beri tanda centang pada pilihan “Turn on file and printer Sharing.”

Selanjutnya, silakan klik “All networks” dan beri tanda centang pada pilihan “Turn off password protect Sharing.”

Agar memudahkan komputer lain untuk mengakses tanpa perlu membuka kunci menggunakan password tertentu.

Jika sudah, silakan klik “Save changes” untuk menyimpan perubahan yang sudah dilakukan pada pengaturan komputer.

  1. Instalasi Driver Printer

Lakukan instalasi device printer yang ada di komputer. Untuk melakukan tahap ini, kamu perlu membuka menu windows setting. Lalu klik menu, “Device” lalu pilih menu, “Device and printers.”

Kemudian, akan muncul jendela baru yang menunjukkan beberapa device printer yang terinstall di komputer.

Silakan pilih salah satu device printer yang akan kamu Sharing dengan komputer lain. Pada contoh di bawah ini menggunakan printer merk Canon iP 1900 series.

  1. Pilih Printer

Merk printer di sini bisa berbeda-beda pada komputer masing-masing sesuai device yang kamu install. Tentu saja yang kamu Sharing adalah device printer sesuai yang terinstall di komputer.

Silakan klik kanan pada gambar printer yang hendak kamu Sharing dengan komputer lain. Pilih menu “See whats printing,” atau “Printer properties.”

Pada menu ini kita akan melakukan setting Sharing printer. Pada contoh ini kita akan coba melalui menu “See whats printing.” Setelah kamu klik, maka akan muncul jendela baru.

Selanjutnya klik aja menu “Printers” lalu klik “Sharing”, maka akan muncul jendela baru dan klik menu “Printer properties.”

Silakan berikan tanda centang pada pilihan “Share this printer.” Pada kolom “Share name” kita akan melihat nama device printer yang kita Sharing. Nama printer ini bisa kamu ubah sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk memudahkan, sebaiknya samakan saja dengan merek printer yang akan kita gunakan bersama. Silakan klik “OK” jika sudah dicentang.

  1. Sharing Printer

Pastikan komputer kamu dan komputer yang akan dihubungkan sudah terhubung ke jaringan LAN atau Wi-Fi.

Karena jika tidak ada koneksi, maka device printer yang di Sharing tersebut tidak akan terdeteksi di komputer lain.

Kemudian, silahkan buka menu Windows Setting melalui menu start. Sama seperti langkah awal ketika kita hendak melakukan pengaturan Sharing printer pada tutorial sebelumnya.

Kemudian, klik menu, “Network & Internet” lalu pilih “Network and Sharing center.”

Selanjutnya klik menu “Change advance Sharing setting” pastikan pilihan “Turn on file and printer Sharing” sudah tercentang dan klik “Save changes.”

Selanjutnya, silakan buka “File explorer” pada komputer yang akan kita gunakan untuk mengakses printer tersebut.

Silakan klik folder “Network” pada deretan folder komputer sisi kiri, nantinya dari folder ini kita akan melihat beberapa device komputer yang terhubung melalui jaringan internet atau Wi-Fi.

Kemudian dobel klik pada identitas komputer yang kita tahu terkoneksi dengan printer, yang ada pada daftar dalam folder Network. Maka, akan muncul nama device printer yang tadi sudah di Sharing.

Sebenarnya bukan hanya nama printer yang terdeteksi, tapi juga ada beberapa folder file dari komputer tersebut muncul juga di sana.

Jika nama printer yang kita Sharing adalah Epson L4150 series, maka nama itu yang akan muncul di sana.

Kelima, silakan klik kanan pada nama printer tersebut kemudian pilih “Connect” dan tunggu beberapa saat untuk proses koneksi.

Selanjutnya kita sudah bisa mencetak dokumen menggunakan printer yang sudah terSharing tersebut. Kamu pun bisa mencoba melakukan cetak dokumen.